UNS Sambut MIKTA Goes to Campus Edisi Kedua



Surakarta, Indonesia: Kementerian Luar Negeri RI bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan talk show MIKTA Goes to Campus (MGTC) edisi kedua di Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (17/4).

“MIKTA Goes to Campus merupakan bagian dari upaya untuk lebih mendekatkan perhatian publik, khususnya mahasiswa dan akademisi, akan kerja sama MIKTA dan menyosialisasikan keketuaan Indonesia pada MIKTA,” ujar Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral, Febrian A. Ruddyard, pada acara MGTC di UNS.

Sebagai koordinator forum kerja sama Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia (MIKTA) periode 2018, Indonesia mengusung tema “Fostering Creative Economy and Contributing to Global Peace”. Tema ini sejalan dengan upaya Indonesia mengarusutamakan peran ekonomi kreatif terhadap pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan perdamaian dan keamanan internasional.

“Talk show MIKTA Goes to Campus hari ini diharapkan dapat menjadi salah satu ajang untuk memperkenalkan berbagai program Universitas Sebelas Maret yang dapat dikerjasamakan dengan negara-negara MIKTA,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Sebelas Maret, Prof. Drs. Sutarno, M.Sc, PhD, saat membuka acara talk show.

Hadir pada talk show tersebut Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri, Duta Besar Meksiko dan perwakilan dari Kedutaan Besar Korea Selatan dan Australia, serta melibatkan akademisi dan think tank guna menjaring masukan terkait peningkatan peran, relevansi dan kerja sama MIKTA.

Topik pembahasan yang mencuat pada MGTC edisi kedua meliputi tujuan pendirian, karakteristik dan capaian kerja sama, peluang dan tantangan utama, inisiatif program pada berbagai masa keketuaan, serta prospek MIKTA di masa depan. Para pembicara menekankan pentingnya mendorong peningkatan kerja sama MIKTA dengan melibatkan berbagai aktor non-pemerintah, termasuk akademisi, opinion-shapers, jurnalis dan pemuda.

https://www.kemlu.go.id/id/berita/Pages/UNS-Sambut-MIKTA-Goes-to-Campus-Edisi-Kedua-.aspx

Akun Youtube resmi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. The Official Youtube Account of the Ministry of Foreign Affairs of Republic Indonesia

Jakarta
kemlu.go.id

source