Tips Memilih Kredit Tanpa Agunan yang Terpercaya

Tips Memilih Kredit Tanpa Agunan yang Terpercaya

Pinjaman tanpa agunan semakin lama semakin diminati terlebih karena sekarang mengajukan pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) tidak hanya bisa dilakukan ke bank, melainkan juga dapat dilakukan secara online. Jika Anda juga tertarik menggunakan instrumen kredit ini, pastikan Anda pahami dulu tips memilih kredit tanpa agunan yang tepat dan terpercaya.

Dengan menggunakan KTA yang terpercaya tentunya aktivitas kredit Anda akan lebih menyenangkan dan Anda pun tidak terbebani dengan berbagai macam hal setelah deal dilakukan. Sebagai tips, berikut beberapa tips memilih kredit tanpa agunan yang harus Anda pahami!

Tips Memilih Kredit Tanpa Agunan yang Terpercaya

Perbandingkan masing – masing produk KTA

Melakukan perbandingan antara produk KTA yang satu dengan yang lain sangat penting agar Anda bisa menemukan produk terbaik. Anda harus tahu bahwa kemudahan dalam pengajuan mungkin diberikan pihak bank. Akan tetapi bisa saja memberikan beban biaya yang besar sehingga dapat membebani Anda.

Oleh sebab itu pastikan bahwa Anda paham dengan segala ketentuan serta beragam biaya yang telah diterapkan utamanya beban bunga dan juga biaya administrasinya. Pastikan agar Anda melakukan perbandingan pada satu KTA dengan KTA yang lain supaya Anda bisa menemukan produk terbaik KTA serta bisa mendapatkan produk KTA yang sesuai apa yang Anda butuhkan.

Lakukan pengecekan dan pastikan memilih produk KTA terbaik

Saat ini hampir terdapat produk KTA di semua bank sehingga lebih banyak pilihan yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan. Masing – masing bank juga memiliki keunggulan serta kekurangan dalam produk KTAnya.

Jadi mencari tahu tentang segala hal yang berkaitan dengan produk KTA yang akan digunakan menjadi hal yang perlu dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih KTA di antaranya :

  • Pahami syarat pengajuan pinjaman
  • Pahami proses pengajuan pinjaman
  • Ketahui besaran bunga yang ditetapkan
  • Cari tahu biaya dan penalti jika ada keterlambatan pembayaran dan sebagainya

Jika memang diperlukan, jangan sungkan untuk bertanya kepada saudara atau teman Anda yang sudah pernah menggunakan KTA sebelumnya sehingga Anda bisa tahu pengalaman mereka seperti apa.

Lihat dan pahami kondisi keuangan Anda

KTA merupakan dana darurat yang bisa digunakan dalam mengatasi masalah keuangan. Akan tetapi bukan berarti Anda juga bisa mengajukan setiap saat. Anda juga harus mempertimbangkan kemampuan Anda melunasinya.

Karena sama halnya dengan pinjaman yang lain, KTA juga memiliki denda dan bunga dalam setiap cicilan yang dibayarkan. Periksa pos pengeluaran Anda dan besaran utang yang Anda miliki sehingga KTA tidak akan menjadi beban keuangan Anda di kemudian hari.

Sebagai tips memilih kredit tanpa agunan yang terpercaya, pastikan keuangan Anda mampu mengatasi sejumlah utang baru sehingga cicilan KTA tidak akan menjadi masalah baru di keuangan Anda.

Tentukan tenor KTA sesuai kemampuan

Pemilihan tenor yang singkat tentu berdampak pada semakin kecilnya besarnya bunga yang dibayarkan namun memperbesar jumlah cicilan bulanan. Sebaliknya, pemilihan tenor yang panjang akan memperbesar beban bunga namun memperkecil cicilan bulanannya. Sehingga dari sini Anda bisa menentukan kapasitas bayar Anda seperti apa.

Lakukan perhitungan simulasi KTA sebelum meminjam

Agar Anda bisa yakin terhadap kemampuan financial Anda sendiri, maka jangan lupa untuk memperhitungkan simulasi cicilan KTA sebelum deal meminjam sejumlah dana. Simulasi yang diperhitungkan akan memberikan gambaran tentang utang secara detail.

Simulasi yang diperhitungkan secara jelas juga akan memberi kepada Anda berbagai kemudahan untuk melakukan penyesuaian terhadap kemampuan keuangan dan mekanisme pengelolaan utang di kemudian hari.

Tentu cara ini akan membantu Anda dalam menghindari kemungkinan gagal bayar di kemudian hari. Dengan mengetahui simulasi cicilan setiap bulan, Anda juga sekaligus bisa memahami berapa uang yang Anda harus sisihkan setiap bulan untuk membayar cicilan.


Gunakan KTA secara bijak

Jika Anda sudah merasa yakin dengan pilihan Anda, ajukan KTA sesegera mungkin. Pastikan bahwa Anda mempergunakan dana KTA sebijak mungkin dan disesuaikan juga bersama rencana awal Anda sehingga nantinya pinjaman yang Anda ajukan memang berdampak maksimal terhadap keuangan Anda.

Jangan pernah lupa juga untuk selalu bersikap disiplin dalam membayar cicilan supaya rekam jejak atas utang Anda di bank tetap bersih dan mendapatkan pinjaman juga bisa jauh lebih mudah jika cicilan Anda sudah lunas nantinya.

Itulah berbagai macam tips memilih kredit tanpa agunan yang terpercaya agar tidak salah langkah. Pahami kebutuhan dan kondisi keuangan sebelum mengajukan pinjaman baik KTA melalui bank atau online.