Pemerintah akan Berikan Insentif Bagi Karyawan Gaji di Bawah Rp5 Juta



Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp31,2 triliun bagi 13 juta pekerja. Karyawan dengan gaji di bawah Rp5 juta akan mendapat bantuan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan.

Menkeu menjelaskan kebijakan tersebut merupakan bagian dari stimulus program perlindungan sosial. Sebab, realisasi untuk program perlindungan sosial baru Rp85,51 triliun dari total anggaran Rp203,91 triliun yang disiapkan pemerintah.

Adapun bantuan sosial lain yang akan diberikan adalah bantuan beras untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Rp4,6 triliun, serta bantuan tunai senilai Rp500 ribu untuk penerima Kartu Sembako di luar PKH dengan total Rp5 triliun.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan saat ini Pemerintah memang tengah menyiapkan Insentif untuk modal kerja bagi 12 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Adapun seluruh skemanya sedang difinalisasi, termasuk support atau bantuan bagi para pekerja.

“Support untuk mereka yang bekerja sedang dimatangkan datanya, sedang disiapkan baik dari BPJS Ketenagakerjaan. Kalau data sudah by name, by address serta by rekening sudah ketemu baru program ini difinalkan,” jelasnya, Rabu (5/8/2020).

Airlangga Hartarto mengungkapkan berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) terdapat 2,1 juta Pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK). Katanya, Pekerja itu akan dibantu lebih dulu melalui program Kartu Pra Kerja lebih dulu. Sementara untuk tahap kedua masuk program lanjutan.YouTube: Kemenkeu RI

More videos at https://video.medcom.id/

Follow us on social media:
Facebook: https://www.facebook.com/medcomid/
Twitter: https://twitter.com/medcom_id
Instagram: https://www.instagram.com/medcomid/

source