Ketua DPRD Bertemu dengan Pendemo Karyawan Freeport di Mile 72



Ketua DPRD Mimika Robby Kamaniel Omaleng bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Mimika Paulus Yanengga dan sejumlah pejabat pemkab Mimika dan management PT Freeport Indonesia menemui ribuan karyawan yang masih berdemo di Mil 72 Tembagapura pada 26 Agustus sore.

Dalam kesempatan itu Robby mengungkap apresiasinya atas aksi damai itu. Ia memahami apa yang menjadi tuntutan karyawan yang telah selama 6 bulan terjebak pembatasan sosial dan sudah rindu keluarga di Kota Timika.

Sejak tiba di Tembagapura pihaknya sudah melakukan pertemuan dan sudah ada titik terang tentang dua poin tuntutan karyawan yaitu pemberlakuan kembali Shift Off Day SDO dan bonus untuk karyawan yang bekerja selama masa pandemi covid-19 akan diberikan bonus atau insentif.

Karenanya, saatnya perwakilan karyawan dan manajemen melalui divisi masing masing untuk duduk bersama untuk mengatur schedule off ke Timika. Disambut riuh tepuk tangan para karyawan.

Sementara itu Vice Presiden IAR mewakili manajemen PT Freeport Indonesia Demi Magai, yang membacakan surat kesepakatan bersama Pemerintah, DPRD dan Manajemen mengatakan ada miss komunikasi terkait pembatasan 200 karyawan off day. Pihaknya akan mengatur lebih dari jumlah itu. Ia berharap ada perwakilan karyawan untuk duduk bersama mengatur jadwal dan schedule off ke Timika.

Namun setelah adanya penyampaian dari Ketua DPRD maupun manajemen pada 26 Agustus sore itu, sejumlah perwakilan karyawan tetap menolak membuka blokade jalan sebelum dikeluarkannya Interoffice memo dari manajemen yang isinya membuka kembali SDO dan bonus Covid-19 segera direalisasikan. Interoffice Memo sebagai dasar pegangan karyawan.

source