Indonesia Kuatkan Gastrodiplomacy Melalui MIKTA Culinary Program



Jakarta: Kementerian Luar Negeri RI bekerja sama dengan Arkamaya Indonesian Culinary Education telah menyelenggarakan MIKTA Culinary Program di Jakarta pada 24 Juli 2018.

“MIKTA Culinary Program ditujukan untuk mendukung keketuaan Indonesia pada MIKTA tahun 2018″, demikian dijelaskan Staf Ahli Menlu Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri, Dewi Savitri Wahab, pada sambutan pembukaannya. Kegiatan dimaksud juga bertujuan meningkatkan pemahaman lintas budaya, serta memajukan hubungan dan kerja sama antar negara MIKTA melalui diplomasi kuliner.

Keketuaan Indonesia pada MIKTA tahun 2018 mengusung tema “Fostering Creative Economy and Contributing to Global Peace” dan sejalan dengan upaya Indonesia mengarusutamakan peran ekonomi kreatif terhadap pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan perdamaian dan keamanan internasional.

MIKTA Culinary Program dibuka oleh Staf Ahli Menlu Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri, dan dihadiri oleh spouse pejabat Eselon I dan II Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral, spouse Duta Besar Meksiko untuk Indonesia, spouse Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, serta perwakilan dari Kedutaan Besar Republik Korea, Meksiko dan Australia di Jakarta.

“Semakin banyak negara yang mengikutsertakan kuliner dan gastronomi sebagai bagian dari ekonomi kreatif, mengingat kontribusinya yang cukup signifikan terhadap perekonomian dan promosi budaya,” lanjut Staf Ahli saat memaparkan pentingnya diplomasi kuliner sebagai bagian dari pendekatan soft power.

Pada kegiatan tersebut, Chef Pasya Hardiman dari Arkamaya Culinary Education memperkenalkan para peserta pada beragam jenis kuliner khas Bali. Selain itu, peserta juga memperoleh kesempatan untuk mempersiapkan secara langsung berbagai kuliner yang diperkenalkan pada program ini.

Di samping MIKTA Culinary Program, Indonesia telah mengisi keketuaannya dengan menyelenggarakan MIKTA Foreign Ministers’ Meeting, MIKTA Senior Officials’ Meeting, MIKTA Policy Planning Consultation dan MIKTA Experts’ Meeting on Inclusive Digital Economy Hub. Kegiatan MIKTA selanjutnya antara lain berupa MIKTA Meeting on Building Network on Sustainable Tourism for Development dan MIKTA Start-Up Fest yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2018 bekerja sama dengan Kementerian dan Lembaga terkait. (Sumber: Dit. PELH)​

https://www.kemlu.go.id/id/berita/Pages/Indonesia-Kuatkan-Gastrodiplomacy.aspx

Akun Youtube resmi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. The Official Youtube Account of the Ministry of Foreign Affairs of Republic Indonesia

Jakarta
kemlu.go.id

source