Beli Kendaraan Cash Atau Kredit, Mana Lebih Baik?

Selain rumah, kebutuhan kendaraan juga tak kalah penting untuk dipikirkan. Pasalnya kendaraan menjadi salah satu alat transportasi yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan sehari – hari kita. Hanya saja beli kendaraan cash butuh uang yang besar.

Oleh sebab itu beberapa orang kemudian memilih untuk membeli secara kredit agar bisa mendapatkan kendaraan yang dibutuhkan atau diinginkan dalam tempo yang lebih cepat. Lantas, manakah sebenarnya yang lebih baik beli kendaraan cash atau kredit?

Pertimbangan Beli Kendaraan Cash Atau Kredit

Sebenarnya kalau bicara lebih baik mana, semua tergantung kebutuhan masing – masing orang. Ada dua sisi yang kita bisa telaah dalam pembelian kendaraan. Jika Anda merasa kebutuhan kepemilikan kendaraan adalah hal yang urgent karena biaya transportasi yang besar di tempat Anda sehingga jika tidak punya kendaraan Anda tidak bisa berhemat, maka membeli kendaraan adalah hal yang Anda harus lakukan.

Lantas bagaimana jika ternyata tidak punya uang? Anda bisa mempertimbangkan membelinya secara kredit. Daripada uang Anda dikeluarkan untuk biaya transportasi yang begitu besar, akan lebih bermanfaat jika uang transportasi dialihkan untuk biaya kredit kendaraan.

Akan tetapi sebaliknya, jika Anda merasa kebutuhan kendaraan bukan hal yang urgent untuk Anda dan akses ke berbagai tempat tujuan di lingkungan Anda masih bisa dijangkau dengan jalan kaki atau transportasi umum yang murah maka Anda tidak membutuhkan kendaraan untuk saat ini.

Jadi jika memang uangnya belum ada atau belum terkumpul, Anda tidak perlu memaksakan diri. Anda bisa tabung dulu uangnya sampai terkumpul baru Anda membeli kendaraan secara cash, toh kendaraan tidak Anda butuhkan untuk saat ini juga.

Dengan begitu uang tabungan tersebut masih bisa Anda putar sebagai modal usaha dan Anda pun tidak akan terbebani dengan nilai residu kendaraan yang akan terus merosot selama masa cicil kendaraan berlangsung.

Perhitungan Biaya Kredit

Apalagi biaya kredit kendaraan kalau dihitung – hitung nilainya jauh lebih tinggi dibandingkan ketika Anda beli secara cash. Misalkan jika harga beli kendaraan cash sebesar 20 juta maka harga beli kreditnya bisa mencapai 25 juta sampai 27 juta karena biaya cicil kendaraan pasti dibebankan kepada Anda dalam wujud bunga kredit.

Jika Anda masih bisa menahan keinginan dan membeli kendaraan ketika uang Anda sudah terkumpul tentu nantinya sisa kelebihan tabungan bisa Anda gunakan untuk keperluan yang lain misalkan Anda gunakan untuk membeli perabotan rumah atau lainnya yang lebih bermanfaat.

Dalam pembelian kendaraan ada dua tipe orang yaitu pembeli yang membeli kendaraan baru atau pembeli yang membeli kendaraan bekas. Mana yang lebih baik?

Tentu semuanya tergantung atas kebutuhan Anda. Jika memang Anda adalah orang yang paham mesin, maka membeli kendaraan bekas akan menjadi hal yang menguntungkan karena nilai residu kendaraan ketika Anda jual kembali nantinya tidak akan terlalu jauh.

Namun jika Anda merasa tidak mengerti soal mesin kendaraan dan Anda takut mendapatkan mobil atau motor yang kondisinya kurang bagus sementara cara perawatan kendaraan pun Anda tidak memahaminya, maka membeli kendaraan baru akan lebih bermanfaat.

Jadi balik lagi, beli kendaraan cash atau kredit semua itu bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi pertimbangkan baik – baik segala sesuatunya sebelum Anda benar – benar beli kendaraan cash atau pun kredit. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang banyak memberi manfaat untuk Anda.