6 Tanda Kerja Magang Kamu Bisa Berubah Menjadi Pekerjaan Tetap

Beberapa minggu setelah kerja magang, kamu mungkin mulai memahami banyak hal dan kamu merasa percaya diri yang tidak kamu miliki saat pertama kali memulai. Tidak lagi merasa seperti meraba-raba cara melakukan tugas-tugasmu, kamu mulai rileks dan menemukan bahwa dirimu adalah bagian dari tim. Dengan asumsi bahwa perusahaan dan lingkungan kerja sangat cocok dengan aspirasi dan nilai-nilai kariermu, kamu tentu ingin magang tersebut berubah menjadi pekerjaan tetap full time. Selain berusaha lebih keras untuk menonjol dalam kerja magangmu, kamu sebaiknya tetap waspada akan sinyal-sinyal dari rekan kerja dan atasanmu untuk memastikan kamu berada di jalur yang benar.

Kamu pasti akan menghadapi performance review atau evaluasi kinerja dengan atasanmu, perhatikan enam tanda ini yang bisa jadi mengubah kerja magangmu menjadi pekerjaan full time.

Kamu sering mendapat feedback positif
Apakah kamu sering kali mendapatkan pujian dari orang-orang yang bekerja denganmu? Feedback positif selalu merupakan pertanda baik, terutama ketika itu datang dari orang-orang di berbagai departemen atau pihak luar yang tidak mengenal kamu dengan baik. Mereka jelas cukup terkesan untuk memberi tahumu bahwa kamu melakukan pekerjaan dengan baik, jadi teruskan!

Atasan dan rekanmu merespon dengan baik
Apakah atasan dan rekan kerjamu suka bekerja denganmu? Apakah saran dan pandanganmu dihargai dan dihormati? Itu selalu merupakan tanda positif ketika kamu dekat dengan orang-orang yang bekerja denganmu, terlepas dari senioritas atau latar belakang mereka di perusahaan. Menjadi orang yang disukai secara otomatis membuatmu menjadi bagian dari tim yang berharga.

Kamu mulai mengerjakan proyek yang penting dan menarik
Apakah kamu sering ditugaskan untuk proyek yang menarik dan menantang? Jika ya, itu pertanda jelas bahwa atasanmu menganggap kamu cukup kompeten untuk mengatasi tantangan, dan ingin mengembangkan keterampilan dan bakatmu. Ini pertanda bahwa dia cukup mempercayaimu untuk memberikan tugas-tugas penting kepadamu.

Kamu sering diundang untuk makan siang dan kegiatan sosial setelah bekerja
Diajak makan siang dan kegiatan sosial setelah bekerja oleh rekan kerjamu adalah cara yang sangat baik untuk membangun hubungan yang bermakna di tempat kerja dan dapat mengembangkan jaringan profesionalmu. Memiliki kontak dan teman yang tepat dalam kapasitas profesional akan berperan penting dalam perburuan pekerjaan dan pengembangan kariermu di masa depan.

Atasan dan kolega senang meminta pendapatmu
Apakah pendapat kamu sering diminta di tempat kerja? Itu adalah tanda yang jelas bahwa kamu dihormati dan dipandang sebagai seseorang yang memiliki kontribusi yang nyata untuk ditawarkan. Orang-orang hanya meminta pendapat jika mereka peduli dengan apa yang kamu katakan. Ini merupakan penghargaan yang tinggi, terutama untuk seorang anak magang.

Bos kamu tidak mengatur (micromanage) kamu
Apakah bosmu membebaskanmu untuk melakukan hal-hal dengan caramu sendiri daripada memberikan instruksi spesifik? Jika ya, itu berarti dia memiliki kepercayaan penuh pada kemampuanmu dan ingin memberimu ruang untuk tumbuh. Bisa jadi kamu memiliki bos yang baik yang tidak suka menekan karyawan, tetapi jika kamu tidak melakukan pekerjaan dengan baik, sudah pasti bosmu tidak akan lagi membebaskanmu untuk waktu yang lama.

Tidak ada cara untuk menjamin bahwa magang akan berubah menjadi pekerjaan full time, tetapi jika tanda-tanda ini terjadi padamu, maka kamu pasti memiliki peluang bagus untuk ditawari posisi permanen, dengan asumsi bahwa perusahaan memiliki kebutuhan dan sumber daya untuk kemampuan dan bakatmu.